Download Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terbaru 2015, Tingkat PAUD / RA sampai SMA / Aliyah



Bismillahirrahmanirrahiim,


Sahabat Al Falah,

Penelitian Tindakan Kelas atau yang lebih dikenal dengan PTK terdiri dari tiga kata yang memiliki arti berbeda, yaitu penelitian, tindakan dan kelas. Maksudnya penelitian yaitu suatu kegiatan untuk mengamati sebuah objek dengan menggunakan metode tertentu serta mempunyai tujuan untuk mendapatkan data yang berguna demi mencapai suatu tujuan tertentu.

Sedangkan arti dari tindakan yaitu sesuatu yang dilakukan dengan sengaja demi mencapai sebuah tujuan. Sementara itu, suatu penelitian tindakan kelas diartikan sebagai pembelajaran sistematis atas upaya dalam meningkatkan praktek pendidikan oleh partisipan dengan cara refleksi serta menggunakan tindakan praktis mereka terhadap pengaruh dari tindakan tersebut. Lantas untuk konteks pendidikan itu sendiri, penelitian tindakan kelas bisa juga diartikan sebagai tindakan perbaikan guru untuk mengorganisasikan suatu pembelajaran dengan sistematik agar mendapatkan hasil yang tentunya lebih baik. Penelitian tindakan kelas bisa dilakukan oleh semua tipe maupun level sekolah,, guru kelas baik itu secara kelompok maupun individu dan bahkan pimpinan sekolah sekalipun.

Penelitian tindakan kelas juga dibagi kedalam dua jenis yaitu penelitian tindakan kelas praktis dan penelitian tindakan kelas partisipan. Pembagian dalam tindakan kelas tersebut lebih dikenal dengan action research practical. Selain itu untuk penelitian tindakan kelas juga dibagi menjadi tiga karakteristik utama yaitu penelitian tindakan yang difokuskan terhadap isu lokal serta digunakan dalam konteks lokal, penelitian tindakan yang dilakukan untuk dan oleh praktisi dan hasil dari penelitian tindakan (suatu tindakan atau perubahan yang diterapkan oleh praktisi untuk konteks tertentu).

Prinsip, Tujuan dan Manfaat Penelitian Tindakan Kelas

Prinsip yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ada beberapa meliputi kegiatan yang nyata untuk situasi rutin, adanya kesadaran untuk memperbaiki kinerja, SWOT yang digunakan sebagai dasar penelitian, upaya sistematik dan empiris dan mengikuti prinsip SMART untuk perencanaan. Pada dasarnya tujuan dari penelitian tindakan kelas yaitu untuk memperbaiki serta meningkatkan kualitas dari pembelajaran dan juga membantu memberdayakan pengajar untuk memecahkan masalah mengenai pembelajaran di sekolah.
  
Sedangkan  tujuan dari penelitian tindakan kelas diantaranya adalah untuk meneliti situasi serta kondisi proses belajar mengajar di suatu kelas, sehingga dengan adanya penelitian ini diharpkan agar kemampuan guru maupun siswa dapat lebih meningkat. Jadi penelitian tersebut terfokus supaya dapat meningkatkan wawasan dan pembelajaran siswa serta meningkatkan profesionalisme guru dalam mendidik/mengajar.

Adapun manfaat dari penelitian tindakan kelas tersebut diantaranya adalah :
  1. Penelitian tindakan kelas bisa memperbaiki kualitas praktek pendidikan, membantu guru maupun pimpinan sekolah untuk meningkatkan kompetensi.
  2. Penelitian tindakan kelas bisa memberi ruang kepada partisipan pendidikan untuk melakukan penelitian, jadi mereka bisa terus mengembangkan metode yang efektif dalam pembelajaran.
  3. Penelitian tindakan kelas bisa membantu para guru dalam mengidentifikasi masalah dengan sistematis.
  4. Penelitian tindakan kelas bisa membangun komunitas dengan berorientasi penelitian pada suatu sekolah tertentu.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang Penelitian Tindakan Kelas, silahkan Anda baca dan pelajari contoh-contohnya berikut ini :

PTK untuk PAUD, TK dan RA

PTK untuk SD dan MI

PTK untuk SMP dan MTs

PTK untuk SMA dan Madrasah Aliyah



Demikian artikel tentang Memahami Arti dari Penelitian Tindakan Kelas, semoga bermanfaat

Salam







Share this

Related Posts

Previous
Next Post »