Edaran dan Petunjuk Pelaksanaan Ujian Nasional Perbaikan TP 2014/2015







Bismillahirrahmanirrahiim,



Sahabat Al Falah,


Berbeda dengan tahun-tahun yang sebelumnya, pada tahun ini ada yang baru dalam dunia pendidikan kita; yakni adanya Ujian Nasional Perbaikan ( kami sebut saja dengan singkatan UNik atau Ujian agar Nilai menjadi baik, red). Apa sih Unik itu ???

Ujian Nasional Perbaikan  merupakan sebuah pilihan yang diberikan kepada siswa-siswi peserta UN Tahun 2015 kemarin yang telah lulus dari satuan pendidikan jenjang SMA/MA, SMAK/SMTK, SMK/MAK dan Program Paket C, akan tetapi memperoleh nilai kurang dari atau sama dengan 55 (lima puluh lima) pada mata ujian tertentu. Karena ini sifatnya hanya sebuah pilihan, maka bagi siswa-siswi yang memperoleh nilai tsb bisa memilih untuk mengikuti ataupun tidak mengikutinya. Ini berarti bahwa UN Perbaikan  bersifat tidak wajib untuk diikuti. Kesemuanya dikembalikan kepada masing-masing siswa-siswi yang bersangkutan.

Ujian Nasional Perbaikan dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2015 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik, Penyelenggaraan Ujian Nasional, Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah/Pendidikan Kesetaraan pada SMP/MTs atau yang Sederajat dan SMA/MA/SMK atau yang sederajat serta berdasarkan pada Peraturan BSNP Nomor : 0031/P/BSNP/III/2015 tentang Prosedur Operasional Standar (POS UN) Tahun Pelajaran 2014/2015.

Sesuai dengan Surat Edaran dari BSNP, jadwal UN Perbaikan ini akan dilaksanakan pada tanggal
22 Februari sampai dengan tanggal 5 Maret 2016. Adapun pelaksanaannya  dalam bentuk ujian berbasis komputer / Computer Based Test (CBT) yang mana soalnya mengaju kepada kisi-kisi UN Tahun 2015 kemarin. Sedangkan Tahapan serta Jadwal Kegiatannya dapat dilihat dalam gambar tabel berikut ini :



Adapun kejelasan tentang persyaratan, mekanisme serta Surat Edaran dan Petunjuk Pelaksanaan Ujian Nasional Perbaikan TP 2014/2015 ini, silahkan klik tautan yang kami sediakan di bawah ini :

Surat Edaran dan Petunjuk Pelaksanaan UN Perbaikan TP 2014/2015


Demikian postingan kami tentang Edaran dan Petunjuk Pelaksanaan Ujian Nasional Perbaikan TP 2014/2015. Semoga bermanfaat.



Salam Persahabatan




Kemenag Ndeso





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »