Pedoman Penyusunan RPP Kurikulum 2013





Bismillahirrahmanirrahiim,

Sahabat Al Falah,

Berkaitan dengan Proses Belajar Mengajar, salah satu hal pokok yang harus dipersiapkan oleh seorang guru adalah perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang dikenal dengan sebutan RPP.
Berkenaan dengan hal tersebut, sebagian madrasah ada yang sudah melaksanakan Kurikulum 2013 secara penuh dan sebagian yang ada yang masih menggunakan Kurikulum KTSP.

Bagi rekan guru yang mungkin belum begitu mengenal tentang format penyusunan RPP Kurikulum 2013, maka berikut ini merupakan pedoman ringkasnya :



KOMPONEN RPP KURIKULUM 2013

Identitas

Nama Sekolah : .......................
Mata Pelajaran : .......................
Kelas/Semester : .......................
Materi Pokok : .......................
Alokasi Waktu : .......................

Kompetensi Inti (KI)

A. (Disalin KI-1 sampai KI-4)

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.KD dan Indikator dari KI-1
2.KD dan Indikator dari KI-2
3.KD dan Indikator dari KI-3
4. KD dan Indikator dari KI-4

C. Tujuan Pembelajaran (Draf Permendikbud terbaru ditiadakan)

D. Materi Pembelajaran (Rincian dari materi Pokok)
Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran) (Draf Permendikbud terbaru ditiadakan)
Media, Alat, dan Sumber Pembelajar
1. Media
2. Alat
3. Sumber Belajar

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
a. Pendahuluan (Kegiatan Awal.........menit)
b. Kegiatan Inti (............menit)
c. Kegiatan Penutup (...............menit)

2. Pertemuan Kedua
a. Pendahuluan (Kegiatan Awal.........menit)
b. Kegiatan Inti (............menit)
c. Kegiatan Penutup (...............menit)

H. Penilaian
1. Jenis/Teknik Penilaian
2. Bentuk Instrumen/Intrumen Penilaian
3. Pedoman Penskoran

PENJELASAN

A. IDENTITAS
Satuan Pendidikan: (isi dengan nama sekolah)
Mata Pelajaran : (isi dengan nama mapel)
Kelas/semester : (isi dengan tingkat dan dengan kata satu atau dua yang relevan – dengan huruf)
Materi Pokok : (isi dengan tema/aspek/jenis teks sesuai istilah yang dipakai pada mata pelajaran yang bersangkutan)
Alokasi Waktu : pertemuan (... JP) (isi jumlah pertemuan dan jumlah jam pelajaran dengan memperhatikan jumlah jam per minggu dan penjadwalan; jumlah JP termasuk untuk alokasi ulangan yang terintegrasi dalam proses pembelajaran)

B. KOMPETENSI INTI
KI 1: ...
KI 2: ...
KI 3: ...
KI 4: ...

(Salin keempat KI sesuai Kurikulum 2013)

C. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar: Tulis masing-masing satu KD atau lebih – sesuai karakteristik mapel dari masing-masing KI yang merupakan rangkaian (kesatuan) sikap spiritual dan sosial serta pengetahuan dan keterampilan.
Indikator: Rumuskan dua atau lebih indikator yang sesuai dengan Kompetensi Dasar.

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
D. TUJUAN PEMBELAJARAN (Draf Permendikbud terbaru ditiadakan)

Rumuskan tujuan pembelajaran yang relevan dengan indikator pencapaian kompetensi. Tujuan-tujuan tersebut DAPAT dikelompokkan menjadi tujuan pertemuan 1, 2, 3, dst.
Rumuskan tujuan pembelajaran mengacu pada indikator.
Tujuan Pembelajaran untuk KD dari KI-1 dan KI-2 sebaiknya dirumuskan karena ditagih dalam penilaian.
Tujuan pembelajaran dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan setidak-tidaknya mengandung dua aspek: Audience (peserta didik) dan Behavior (aspek kemampuan).




CONTOH TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti proses pembelajaran:
1.1.1 bersemangat mempelajari keberagaman produk olahan minumansegar di daerah setempat;
1.1.2 serius mempelajari keberagaman produk olahan minuman segar di daerah setempat;
3.1.1. menjelaskan pengertian minuman segar;
3.1.2 mengidentifikasi jenis olahan pangan minuman segar dari buah dan sayuran yangmterdapat di wilayah setempat;
4.1.2.1 membuat minuman segar dari buah kelapa;
4.1.2.2 membuat minuman segar segar dari buah dan sayuran khas di daerah setempat;


E. MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
........
Pertemuan 2
........
Pertemuan 3
.........
Dst./isi sub-tema/topik sebagaimana disarankan pada silabus untuk masing-masing pertemuan. Materi pembelajaran DAPAT ditambah apabila materi yang terdapat pada silabus kurang memadai.

F. METODE PEMBELAJARAN (Draf Permendikbud terbaru ditiadakan)
Dalam Metode Pembelajaran terdiri dari: ---Pendekatan Pembelajaran, Model Pembelajaran dan Metode Pembelajaran
Pendekatan Pembelajaran: Saintifik
Model Pembelajaran: PBL/PJBL/Discovery Learning
Metode Penelitian: Ceramah/Tanyajawab,dll

Metode pembelajaran yang dirancang dalam RPP pada dasarnya adalah metode yang dinyatakan secara eksplisit atau disimpulkan dari kegiatan pembelajaran yang dirancang dalam silabus.


G. SUMBER BELAJAR
Tulis spesifikasi semua sumber belajar (buku siswa, buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, nara sumber, dsb.).
CONTOH cara menuliskan:
 Buku siswa: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit
Buku referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit
Majalah: Penulis artikel. Tahun terbit. Judul artikel. Nama majalah, Volume, Nomor, Tahun.




CONTOH cara menuliskan:
Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal terbit), Halaman, Kolom
Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel. (Tersedia di Situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud
Narasumber: Nama narasumber yang dimaksud beserta bidang keahlian dan/atau profesinya
Lainnya (sesuai dengan aturan yang berlaku)


H. MEDIA PEMBELAJARAN
Tulis spesifikasi semua media pembelajaran (video/film, rekaman audio, model, chart, gambar, realia, dsb.)

CONTOH cara menuliskan:
Video/film: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di Situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
Rekaman audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di Situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
Model: Nama model yang dimaksud
Gambar: Judul gambar yang dimaksud
Realia: Nama benda yang dimaksud


I. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Pendahuluan (10% dari total waktu pertemuan yang dinyatakan dalam menit)
Kegiatan inti (75% dari total waktu pertemuan yang dinyatakan dalam menit)
Penutup (15% dari total waktu pertemuan yang dinyatakan dalam menit)
Pertemuan 2
Pertemuan 3
Dst.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Disarankan pembelajaran mencakup tahap-tahap 5M dalam satu pertemuan. Namun demikian, apabila tahap-tahap 5M tersebut TIDAK dapat diselesaikan dalam satu pertemuan karena kurangnya waktu, tahap-tahap yang belum dilaksanakan DAPAT dilanjutkan pada pertemuan berikutnya sampai kelima tahap tersebut selesai.
Pembelajaran dengan tahap-tahap 5M DAPAT dilanjutkan dengan MENCIPTA.


LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan-kegiatan pembelajaran pada dasarnya disalin dari silabus mata pelajaran. Kegiatan-kegiatan pembelajaran tersebut dapat disempurnakan dengan cara menambah, mengurangi dan/atau mengubahnya.
Kegiatan-kegiatan pembelajaran pada dasarnya dinyatakan dalam rumusan rancangan guru melakukan kegiatan apa yang DILENGKAPI dengan rancangan kegiatan belajar peserta didik.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pada tahap PENUTUP peserta didik ANTARA LAIN menerima tugas penguatan, pengayaan atau remedi.
Kegiatan pembelajaran tidak hanya terjadi di ruang kelas, tetapi juga dapat dilakukan di luar ruang kelas dan lingkungan sekolah. Selain itu pemanfaatan TI serta kebiasaan membaca agar digalakkan.


J. PENILAIAN
Penilaian:
Sikap (Observasi, Penilaian Diri, Penilaian Antar Peserta Didik, Jurnal)
Pengetahuan (Tes Tulis, Tes Lisan, penugasan)
Keterampilan (Tes Praktek, Projek, Portofolio)
(Teknik, bentuk instrumen, kisi-kisi, instrumen, rubrik penilaian, pedoman penskoran)

LAMPIRAN
Pada RPP, lampiran juga sangat penting dan merupakan bagian yang tak terpisahkan.
Lampiran RPP meliputi:
Jenis Tes, Rubrik Penilaian, Kunci jawaban, pedoman penskoran;
LKS
Uraian materi



Sumber : Panduan Penyusunan RPP Kuirkulum 2013



Demikian Pedoman dan Panduan Ringkas dalam Penyusunan RPP Kurikulum 2013.
Semoga bermanfaat.



Salam Persahabatan







Share this

Related Posts

Previous
Next Post »