Tutorial Edit Data dan Verval Calon Peserta UN Madrasah di Aplikasi Verval UN Kemenag






Bismillahirrahmanirrahiim,



Sahabat Al Falah,





Sebagaimana telah kami informasikan pada postingan sebelumnya, bahwa Pendataan Peserta Ujian Nasional (UN) Tahun 2016 tingkat Madrasah (MI, MTs, MA) dilakukan secara online di portal Emis Verval UN. Data tersebut diperoleh dari pendataan Emis Pendis Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016 hasil upload yang ditutup pada  tanggal 15 Desember 2015 kemarin. Verifikasi dan validasi Calon Peserta UN Madrasah melalui Aplikasi EMIS verval UN ini, tugas utama para operator madrasah adalah mengecek dan atau melakukan perubahan data apabila masih ada kesalahan-kesalahan data dari calon peserta UN yang sudah tercantum pada Aplikasi EMIS Verval UN tersebut. 

Mekanisme Pendataan Peserta Ujian Nasional untuk Madrasah 2015/2016 secara ringkas dapat dilihat alurnya sebagaimana gambar di bawah ini :


Sedangkan mekanisme Pendataan Peserta Ujian Nasional untuk Madrasah 2015/2016 secaara lengkap dapat Anda simak pada tautan di bawah ini :




Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan oleh operator Madrasah untuk verifikaasi dan validasi data Calon Peserta UN adalah sebagai berikut :

1. Masuk ke laman http://emispendis.kemenag.go.id/vervalun/login.php, silahkan login dengan user dan password sebagaimana yang Anda gunakan saat mendaftar dan atau saat Anda melakukan upload online data EMIS kemarin.


2. Untuk Operator MI, sampai saat admin memposting tulisan ini, penampakan setelah login adalah sebagaimana gambar di bawah ini


3. Sedangkan ntuk Operator MTs dan MA, penampakan setelah login adalah sebagaimana gambar di bawah ini




4. Selanjutnya klik menu Calon Peserta UN, maka akan tampak daftar Calon Peserta UN. Kemudian Klik satu - persatu pada nama yang ada untuk melihat, menambah dan atau mengedit data sesuai data yang ada



5. Setelah semua data diisi, klik simpan. Setelah semua nama yang ada dalam daftar calon peserta UN sudah dilengkapi datanya dan sudah disimpan, maka langkah selanjutnya adalah klik menu setting dan akan muncul penampakan sebagaimana gambar di bawah ini :


6. Langkah berikutnya :
  • Ketik Nama Kepala Penmad Kab/Kota masing-masing
  • Ketik NIP Kepala Penmad Kab/Kota masing-masing
  • Ketik Nama Pihak Kedua Penerima Data CAPESUN
  • Ketik NIP  Pihak Kedua Penerima Data CAPESUN (jika ada)
  • Ketik Jabatan Pihak Kedua Penerima Data CAPESUN
  • Ketik Alamat Pihak Kedua Penerima Data CAPESUN
  • SIMPAN
CATATAN (untuk operator MI, sementara hanya sampai pada langkah nomor 4, yakni menyimpan data yang sudah dilengkapi sambil menunggu munculnya menu-menu yang lain atau menunggu instruksi selanjutnya dari pihak yang berwenang)

7. Bagi yang benar-benar telah yakin dengan seyakin-yakinnya bahwa data tersebut telah valid, silahkan klik Cetak BA CAPESUN. Disana secara otomatis akan tertera Berita Acara Penyerahan Data Calon Peserta Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2015/2016 berikut nama-nama siswanya.

8. Setelah selesai proses Verifikasi dan Validasi Data Peserta Ujian Nasional (UN) Tahun 2016 tingkat Madrasah (MI, MTs, MA), silahkan lakukan konfirmasi dengan cara klik menu Konfirmasi (untuk MI), sedangkan untu mengunduh hasil datanya di Menu Unduh Data CAPESUN.

9. Langkah terakhir adalah menyerahkan DCP dan BA yang sudah ditandatangani oleh Kepala Madrasah dan Pejabat Kankemenag Kabupaten/Kota setempat kepada Panitia Pendataan UN tingkat Kabupaten/Kota.

10. Panitia Pendataan UN tingkat Kabupaten/Kota akan melakukan verifikasi terhadap DCP dan mencetak hasil verifikasi DCP untuk didistribusikan ke setiap madrasah. Jika ternyata dari hasil verifikasi tersebut masih terdapat data yang tidak sesuai dan atau masih ada kesalahan data, maka Madrasah harus melakukan validasi data ulang dengan cara sebagaimana tersebut pada point 4 dan seterusnya sampai data dinyatakan benar-benar valid



Demikian informasi yang bisa kami share tentang Edit Data dan Verval Calon Peserta UN Madrasah di Aplikasi Verval UN Kemenag.

Semoga dapat memberikan pencerahan dan bermanfaat bagi semua pihak yang terkait.





Salam Persahabatan




Kemenag Ndeso








Untuk lebih mempererat ukhuwwah serta saling berbagi informasi terkait dunia pendidikan, silahkan kunjungi dan gabung grup facebook kami di SINI.

Dan untuk mendapatkan informasi yang terbaru dan terupdate, silahkan like and share halaman facebook kami di SINI








Share this

Related Posts

Previous
Next Post »