Alur dan Proses Keaktifan Guru/PTK di Simpatika Semester Gasal Tahun Pelajaran 2015/2016



Bismillahirrahmanirrahiim,


Sahabat Al Falah,



Alur dan Proses Keaktifan Guru/PTK di Simpatika Semester Gasal 2015/2016, secara garis besarnya tersaji pada gambar berikut ini :



Proses keaktifan PTK dalam satu sekolah/madrasah secara keseluruhan dilakukan secara kolektif berdasarkan ajuan dari Kepala Sekolah / Kepala Madrasah ke Mapenda melalui admin / oerator Kemenag kabupaten/kota. Namun untuk cetak Kartu Digital setiap semester tetap dilakukan mandiri oleh setiap PTK. Catatan : Ajuan kolektif tersebut sekaligus sebagai laporan resmi tentang rekap beban kerja PTK yang aktif di madrasah ke Mapenda setempat.

Sebelum melakukan cetak kartu digital sebagai bukti Keaktifan Guru/PTK di Simpatika Semester Gasal 2015/2016 ini, pastikan terlebih dahulu bahwa operator madrasah telah melakukan entri data tentang Jadwal Pelajaran, Daftar Kelas (beserta rombelnya kalau ada), Daftar Siswa yang aktif pada periode semester gasal Tahun Pelajaran 2015/2016 serta data-data terkait lainnya.

Adapun untuk mencetak kartu digital (Kartu NUPTK) periode semester gasal Tahun Pelajaran 2015/2016, berikut ini merupakan tutorial tentang langkah singkat mencetak kartu digital bagi PTK :

1. Baca basmalah, lalu masuk atau login ke PADAMU NEGERI atau SIMPATIKA menggunakan NUPTK/PegId yang Anda miliki.

2. Silakan isi PegID/NUPTK dan password login akun PTK Anda dan pilih layanan Padamu PTK jika telah berhasil login.



3. Pada halaman dasbor PADAMU PTK Anda akan ditampilkan status keaktifan Anda, perhatikan gambar.




4. Klik Info Mengajar untuk melihat Riwayat Mengajar Anda.




Pemutakhiran riwayat mengajar tidak perlu di entri manual lagi oleh setiap guru. Sistem secara otomatis akan meng-update riwayat mengajar baik di sekolah induk atau non induk ke setiap portofolio guru sesuai dengan isian jadwal kegiatan belajar mengajar mingguan pada semester aktif yang di entri oleh petugas admin/operator sekolah.
Catatan : harap disiapkan dokumen penjadwalan mingguan pembelajaran di setiap kelas pada semester 1 TP. 2015/2016 yang telah berlaku di sekolah saat ini sebagai dasar entri ke sistem Padamu Negeri.

Berikut contoh tampilan Daftar Riwayat mengajar Anda.



5. Langkah selanjutnya adalah sebagaimana langkah ketika Anda mengaktifkan PTK seperti pada periode Semester Genap Tahun 2014/2015 kemarin sebagaimana tersaji dalam gambar di bawah ini:

Unggah foto Anda, klik Unggah Foto (Bagi Anda yang belum pernah Upload foto ataupun bagi Anda yang ingin meng-update foto terbaru)



Pilih file foto dari media penyimpanan komputer Anda. File yang dapat diunggah adalah file JPG, PNG, dan GIF dengan ukuran maksimum yang diijinkan 250 X 400 pixel.



6. Selanjutnya, klik Periksa Portofolio, periksa portofolio Anda.




Jika ada yang harus disesuaikan silakan klik Edit Kembali, namun jika sudah sesuai klik OK.


7. Selanjutnya, klik tombol Aktifkan Portofolio untuk periode Tahun Ajuran 2014-2015 Semester 2.


Portofolio ptk berhasil di aktifkan






Demikian informasi tentang Alur dan Proses Keaktifan Guru/PTK di Simpatika Semester Gasal Tahun Pelajaran 2015/2016. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kelancaran tugas Bapak/Ibu Guru.


Salam Persahabatan




Kemenag Ndeso




Untuk lebih mempererat ukhuwwah serta saling berbagi informasi terkait dunia pendidikan, silahkan kunjungi dan gabung grup facebook kami di SINI.

Dan untuk mendapatkan informasi yang terbaru dan terupdate, silahkan like and share halaman facebook kami di SINI









Share this

Related Posts

Previous
Next Post »