Ini Dia Tempat Mengadu Ketika Mengalami Masalah Saat Akses PUPNS





Bismillahirrahmanirrahiim,




Sahabat Al Falah,

Apakah di antara Sahabat Al Falah ada yang mengalami masalah saat akses PUPNS ??
Wow .... !!! Kok semua pada tunjuk jari sih .... Kalau memang demikian adanya, berarti  kita semua memang pernah mengalami masalah pada saat akses portal / situs PUPNS dan sepakat untuk mempertanyakan permasalahan tersebut. Hanya saja yang menjadi pertanyaan adalah : kemanakah tempat mengadukan permasalahan yang kita hadapi ini ?? Pertanyaan inilah yang akan kita bahas pada postingan kali ini.

Namun sebelum membahas lebih lanjut, terlebih dahulu kita telusuri sekilas tentang PUPNS yang diluncurkan oleh BKN ini. Bahwa sejak pertama kali Situs Portal PUPNS diluncurkan, masalah terbesar yang dihadapi oleh pengguna adalah akses situs yang luar biasa menguji kesabaran. Beberapa permasalahan yang paling sering dihadapi oleh banyak orang diantaranya adalah : Loading yang sangat lama, data tidak bisa disimpan, error pada saat akses menu tertentu (khususnya saat entri data keluarga), fasilitas auto complete ketika entry data tertentu yang susah di-akses, bahkan pada saat mulai banyak orang yang mengakses terdapat tambahan fasilitas "auto log-out" sehingga untuk mengisikan satu atau dua data diperlukan waktu berjam-jam (yakni orang-orang tertentu yang memiliki ilmu kesabaran tingkat tinggi, meskipun kadang-kadang sambil mengeluarkan jurus "sumpah-serapah" yang tak karuan rimbanya, hehe) serta banyak lagi permasalahan lainnya yang sangat menyita waktu, tenaga dan juga biaya tentunya. Bahkan yang lebih parah lagi, kondisi yang demikian ini tentunya sangat menghambat aktivitas sebagian PNS dalam mengemban tugas dan kewajibannya sebagai abdi negara, pendidik atau pun sebagai pelayan masyarakat.

Disisi lain, apa yang diharapkan oleh pengguna, seperti halnya sosialisasi yang minim dan pusat layanan  ataupun satgas yang sama sekali tidak bisa difungsikan karena Satgas PUPNS itu sendiri seolah hanya patung pajangan yang dimakzulkan oleh pihak BKN, ada namun tak dapat mendengar dan tak dapat berkata-kata... mungkin pemikiran seperti itulah yang ada di benak banyak orang sehingga membuat para pengguna semakin kecewa, kesal, bahkan marah yang banyak tercermin dari komentar yang tak jarang menguras emosi, pesan yang berisi cemoohan, dan lain-lain.

Kondisi yang demikian ini rupanya disadari oleh pihak Satgas Pusat BKN, sehingga pada tanggal 13 Oktober 2015 kemarin mulai diberlakukan penjadwalan akses login PUPNS berdasarkan area Kantor Wilayah yang ada (Untuk mengetahui Jadwal Lengkap Terbaru Akses Login PUPNS, silahkan akses di sini). Lalu apa yang terjadi setelah diberlakukan jadwal akses tersebut ??
Semula pihak BKN berharap bahwa dengan diberlakukannya akses login PUPNS tersebut dapat mengurangi permasalahan yang ada, akan tetapi pada kenyataannya justru semakin banyak keluhan yang muncul. Aksesnya malah semakin sulit meskipun dilakukan pada saat jadwal yang ditentukan, sehingga terkadang hanya untuk login saja diperlukan "perjuangan" tersendiri.

Sampai saat tulisan ini dibuat, pemberlakuan jadwal akses login tersebut di atas ternyata tidak bisa mengurangi masalah yang ada, bahkan menambah daftar permasalahan baru yang harus dihadapi oleh BKN dan harus segera dicarikan solusinya. Kita semua selaku pengguna atau pihak yang diwajibkan untuk melakukan pendataan ulang melalui portal PUPNS tentu berharap agar tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepada kita untuk memperbaharui data bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala-kendala yang harus dihadapi sebagaimana yang telah disebutkan di atas; sehingga tugas dan tanggung jawab utama kita tidak terganggu dan banyak tersita oleh hal-hal yang bersifat administratif semata.

Sehubungan dengan permasalahan - permasalahan sebagaimana disebutkan di atas, segala kekesalan, kekecewaan, kemarahan ataupun segala uneg-uneg terkait akses portal PUPNS sepantasnya disampaikan langsung kepada yang berwenang; dalam hal ini Petugas SAPK (Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian) yang Akun Facebook nya bisa Anda jumpai dan klik pada tautan di bawah ini:

Info PUPNS 1

Info PUPNS 2


Di samping itu, di bawah ini adalah merupakan nomor seluler yang bisa dihubungi untuk bertanya ataupun mengadukan permasalahan seputar PUPNS

PUPNS 1 0823 8551 4898
PUPNS 2 0823 1717 5533
PUPNS 4 0823 4888 6767

Keterangan :
Hubungi salah satu nomor di atas, untuk berkonsultasi seputar masalah PUPNS.
** Kalau tidak aktif,  hubungi lagi pada keesokan harinya.


Sumber : Satgas PUPNS



Demikian informasi tentang Ini Dia Tempat Mengadu Ketika Mengalami Masalah Saat Akses PUPNS. Semoga bermanfaat.bagi Bapak  dan Ibu, khususnya yang saat ini lagi mengisi pemutakhiran data pada situs e-PUPNS


Salam Persahabatan




Kemenag Ndeso







Share this

Related Posts

Previous
Next Post »