Android Anda Hilang ??? Lacak Saja dengan Menggunakan Google !!!!







Bismillahirrahmanirrahiim,



Sahabat Al Falah,




Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa manusia diciptakan oleh Sang Pencipta dengan segala fitrah (baca : pembawaan) yang melekat pada diri setiap insan. Salah satu fitrah yang sama-sama kita miliki adalah LUPA. Pada saat-saat tertentu, seringkali kita mengalami "penyakit" yang satu ini sehingga terkadang membuat kita panik, was-was dan lain sebagainya. 

Seperti kita ketahui pula bahwa saat sekarang ini perangkat seluler (baik itu handphone, smartphone, gadget, android ataupun perangkat seluler lainnya) merupakan salah satu bagian dari kebutuhan primer sehingga setiap orang mulai dari usia remaja sampai pada yang sudah berusia lanjutpun memilikinya. Bahkan terkadang anak-anak usia SD sudah memiliki perangkat seluler ini.

Terkait dengan LUPA dan perangkat seluler tsb di atas, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips tentang Cara Melacak Android yang Hilang dengan menggunakan Google. Tips yang satu ini bisa Anda coba dan Anda praktekkan sebelum ataupun ketika Anda lupa menaruh / kehilangan Android kesayangan Anda.

Sebelumnya perlu kami sampaikan bahwa cara yang kami pergunakan di bawah ini TIDAK menggunakan Aplikasi dari pihak ketiga, Melainkan hanya dengan menggunakan Layanan Asli bawaan dari Android (yaitu Android Device Manager) serta layanan dari Google, yang tentunya hal ini lebih akurat dibanding menggunakan Aplikasi lain.


Adapun Langkah yang Harus Dilakukan adalah :


> Pertama, Aktifkan Android Device Manager. Caranya, Cari icon Google Settings di Android Anda, lalu klik di bagian paling bawah, yakni Android Device Manager dan Centang pada bagian Allow Remote Lock and Factory Reset seperti di gambar.



> Kedua, Pastikan sebelumnya bahwa Anda sudah memiliki akun google yang aktif dan bisa dipergunakan untuk Log in. kalau Anda sudah Sign In di Android Anda menggunakan Akun Google yang Aktif, dan tentunya bisa Login kembali. Jika tidak ada Akun Google yang terhubung, tentunya cara ini tidak akan ada gunanya.


> Ketiga, Sekarang buka Website www.google.com/android/devicemanager, Kemudian Login menggunakan Akun Google yang sudah dihubungkan dengan Android Anda



> Keempat, Jika ada popup yang bertuliskan "Allow Android Device Manager to use location data?" Silahkan Anda klik Accept ya. Jika tidak muncul, langsung ke langkah berikutnya saja.

Sekarang, Ucapkan Selamat Datang kepada Android Device Manager


> Kelima, Untuk melacak Android yang hilang, Anda klik Icon GPS yang ada di Ponjok kanan popup. Jika Anda lupa mengaktifkan GPS Android Anda, maka Anda tidak akan bisa mendapatkan lokasi. Namun, Anda masih bisa me-resetnya dengan menekan tombol "Hapus", Dengan begini Pengaturan Pabrik akan menyetel GPS untuk menyala, sehingga Android dapat kembali ditemukan.



> Keenam, Jika berhasil, Maka akan muncul Informasi Lokasi beserta Peta telak dimana Android Anda berada.



> Ketujuh, Anda tidak hanya bisa mendapatkan Informasi Lokasi. Demi mencegah kejadian yang tidak diinginkan, Anda juga dapat mengunci Android dengan Password, serta jika merasa ponsel masih disekitar Anda tapi Android dalam keadaan silent, Anda bisa menggunakan Fitur Ring / Dering, Dengan begitu Android akan mengeluarkan suara penuh.  


Sebenarnya banyak sekali Aplikasi yang bisa membantu kita dalam mencegah kehilangan Android, namun tidak ada aplikasi satupun yang bisa Anda dapatkan untuk mencegah supaya Anda tidak LUPA (hehe...). Adapun trik dan tip yang kami bagikan ini merupakan alat langsung bawaan dari Android serta dari si pencipta Android, yang sudah tentunya mereka lebih mengenal seluk-beluk Android.


Kiranya demikian yang bisa kami bagikan kepada Anda Sahabat Al Falah. Semoga dapat membantu dan bisa bermanfaat bagi semua.







Salam Persahabatan






Untuk lebih mempererat ukhuwwah serta saling berbagi informasi terkait dunia pendidikan, silahkan kunjungi dan gabung grup facebook kami di SINI.

Dan untuk mendapatkan informasi yang terbaru dan terupdate, silahkan like and share halaman facebook kami di SINI


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »