Cara Setting dan Ganti Email di Simpatika / Layanan SIAP Online


                                             


Bismillahirrahmanirrahiim,


Sahabat Al Falah,


Dalam postingan sebelumnya, yakni pada postingan Cara Mudah Mengaktifkan Kembali Akun Operator yang Terblokir Otomatis oleh Sistem di Simpatika serta pada postingan Cara Mudah Mendaftarkan Akun Operator melalui Akun Kepala Madrasah di SIMPATIKA, telah kami sebutkan bahwa salah satu syarat akun yang bisa didaftarkan sebagai akun Admin/operator adalah mencantumkan alamat email yang valid dan sudah terdaftar di SIAP online atau di http://siapku.com/.
Lalu pertanyaan yang muncul berikutnya adalah : Bagaimana caranya setting email di PADAMU NEGERI atau SIMPATIKA ????

Berikut ini adalah penjelasannya :

Bahwa setiap PTK mempunyai akses untuk Log In ke PADAMU NEGERI atau SIMPATIKA dengan dua cara; yakni login atau masuk dengan menggunakan NUPTK/PegID (sebagaimana dilakukan oleh PTK secara umum selama ini) ataupun login dengan cara menggunakan alamat email.

Cara yang pertama mengandung beberapa kelemahan; diantaranya NUPTK/PegID susah untuk dihafal, apabila suatu saat lupa password maka yang bersangkutan sama sekali tidak bisa mengakses dan tidak bisa minta reset password. Dalam kasus yang semacam ini, yang bisa "mengeksekusi" dan atau yang mereset password agar bisa mengakses lagi hanyalah Admin / Operator Madrasah.

Cara yang kedua yaitu masuk dengan mempergunakan email yang dimiliki. Keuntungannya diantaranya adalah : alamat email relatif lebih mudah diingat daripada NUPTK/PegID serta sewaktu lupa password saat login, maka akan ada alternatif reset ataupun pemulihan password melalui email.
Di samping itu, dengan email tersebut seorang PTK/Guru bisa didaftarkan sebagai Admin/Operator madrasah. Untuk bisa melakukan hal ini, maka diperlukan beberapa langkah berikut :

1. Terlebih dahulu baca basmalah dan sholawat
2. Masuk atau login ke PADAMU NEGERI atau SIMPATIKA menggunakan NUPTK/PegId
3. Setelah masuk, klik ikon gir yang terdapat pada pojok kanan atas, atau bisa juga                                   kunjungi http://akun.siap-online.com


4. Pilih menu Kelola Akun
5. Pilih menu Email
6. Klik tombol Ganti Email
7. Isikan email Anda yang valid, kemudian simpan



8. Anda akan mendapatkan email dari SIAP Online yang berisi konfirmasi. Silahkan cek email Anda     dan klik link atau tautan yang diberikan untuk menyatakan / verifikasi bahwa email tersebut benar       milik Anda. (Bukan email milik tetangga, hehe..)

9. Jangan sekali-kali merubah tulisan yang tertera pada kolom Email saat ini, BAHAYA Bro !!!!

Setelah semua langkah nomor 1 sampai nomor 8 sudah Anda lakukan dengan benar, maka selanjutnya Anda bisa login dengan mempergunakan email yang Anda miliki. Di samping itu, akun dengan email yang sudah terdaftar tersebut bisa dipergunakan untuk didaftarkan sebagai Admin atau
Operator Madrasah tempat Anda mengabdi.





Demikianlah tutorial singkat tentang Cara Setting Email di Simpatika / Layanan SIAP Online

Semoga bermanfaat dan dapat membantu kelancaran tugas Bapak/Ibu OPERATOR MADRASAH dalam melaksanakan tugasnya


Salam Persahabatan




Kemenag Ndeso




Untuk lebih mempererat ukhuwwah serta saling berbagi informasi terkait dunia pendidikan, silahkan kunjungi dan gabung grup facebook kami di SINI.

Dan untuk mendapatkan informasi yang terbaru dan terupdate, silahkan like and share halaman facebook kami di SINI








Share this

Related Posts

Previous
Next Post »