Daftar Istilah Yang Sering Dijumpai Dalam e-PUPNS






Bismillahirrahmanirrahiim,


Sahabat Al Falah,



Berikut ini adalah Daftar Istilah Yang Sering Dijumpai Dalam e-PUPNS


1. PNS adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai Pegawai Aparatur Sipil Negara secara tetap oleh pejabat pembina Kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan.
2. PUPNS adalah proses pendataan ulang PNS melalui sistem teknologi informasi yang meliputi tahap pemutakhiran data oleh setiap PNS, serta validasi dan verifikasi data secara menyeluruh oleh Instansi Pusat atau Instansi Daerah sesuai dengan kewenangan yang dimiliki.
3. Data PNS adalah seluruh informasi PNS yang paling kurang memuat data Riwayat Hidup, Riwayat Pendidikan Formal dan non-Formal, riwayat jabatan dan kepangkatan, riwayat penghargaan, tanda jasa, atau tanda kehormatan, riwayat pengalaman berorganisasi, riwayat gaji, riwayat pendidikan dan pelatihan, daftar penilaian prestasi kerja, surat keputusan dan kompetensi.
4. Instansi Pemerintah adalah instansi Pusat dan instansi Daerah.
5. Hak Akses adalah kewenangan - kewenangan yang diberikan di dalam penggunaan sistem e-PUNS.
6. Login adalah proses untuk dapat masuk ke dalam sistem e-PUPNS dengan memasukan nomor register dari sistem dan kata sandi
7. Kata Sandi/Kunci adalah rangkaian karakter berupa kunci yang harus dijaga kerahasiaanya terhadap orang lain agar tidak disalahgunakan.
8. Validasi Data adalah kegiatan pemeriksaan pengecekan keabsahan syarat atau kondisi keakurasian data kepegawaian yang dilakukan oleh sistem berdasarkan Peraturan Kepegawaian yang berlaku.
9. Verifikasi Data adalah kegiatan pembuktian kebenaran atau pemeriksaan kembali berdasarkan data atau bukti lain yang berkaitan.
10. User Admin Sistem Instansi adalah pengguna yang bertugas sebagai administrator disetiap instansi yang bertugas dan berwenang memberikan wewenang kepada User Verifikator sebagai pengguna sistem sesuai dengan tugas dan wewenangnya yang telah ditetapkan oleh pejabat pembina kepegawaian.
11. User Verifikator adalah user yang bertugas memverifikasi data pada setiap tingkatan kewenangan.
12. User Executive Instansi adalah user yang mendapat hak akses untuk monitoring dan laporan selama proses kegiatan e-PUPNS untuk data di lingkungan kelembagaannya.
13. User Executive Badan Kepegawaian Negara adalah user yang mendapat hak akses untuk monitoring dan laporan selama proses kegiatan e-PUPNS untuk data seluruh instansi.


(Sumber: PERKA BKN No. 19 Tahun 2015)



Demikian informasi tentang Daftar Istilah Yang Sering Dijumpai Dalam e-PUPNS. Semoga bermanfaat untuk Bapak  dan Ibu Guru, khususnya yang saat ini lagi mengisi pemutakhiran data pada situs e-PUPNS


Salam Persahabatan




Kemenag Ndeso






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »