Panduan untuk Melihat Pengumuman Bidikmisi 2016/2017



Panduan untuk Melihat Pengumuman Bidikmisi 2016/2017






Bismillahirrahmanirrahiim,



Sahabat Al Falah,


Melanjutkan pembahasan sebelumnya tentang Pendaftaran Online Bidikmisi 2016/2017, kali ini kami akan membahas tentang Pengumuman Bidikmisi 2016/2017. Pengumuman Bidikmisi ini akan diuraikan menjadi beberapa bagian yaitu mulai dari Pengumuman Bidikmisi jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, sampai pada Jalur Mandiri PTN / PTS. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari simak pembahasannya berikut ini.

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi serta calon mahasiswa baru tersebut memiliki prestasi yang baik ketika masih berada di Sekolah (SMA / MA / SMK / Sederajat ).

Bidikmisi merupakan program yang diselenggarakan oleh pemerintah, dalam hal ini bekerja sama dengan Dikti untuk memberikan bantuan biaya hidup serta biaya kuliah kepada calon mahasiswa baru untuk menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi selama 8 (delapan) semester.

Untuk bisa mendapatkan Bidikmisi, maka anda terlebih dahulu harus mendaftarkan diri sebagai peserta Bidikmisi, kemudian harus memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

Adapun seleksi Bidikmisi dilakukan melalui jalur-jalur sebagai berikut :
  1. Bidikmisi Jalur SNMPTN
  2. Bidikmisi Jalur SBMPTN
  3. Bidikmisi Jalur PMDK-PN
  4. Bidikmisi Jalur Mandiri PTN
  5. Bidikmisi Jalur Mandiri PTS

Setelah anda mendaftarkan diri sebagai peserta Bidikmisi, kemudian anda juga harus mengikuti ujian seleksi jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, atau Bidikmisi jalur mandiri PTN / PTS. Jika anda dinyatakan lulus seleksi jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK, atau jalur mandiri PTN / PTS, maka kesempatan anda untuk bisa mendapatkan Bidikmisi akan terbuka lebar. Selanjutnya, panitia penyelenggara Bidikmisi akan melakukan survey dengan datang langsung ke tempat tinggal anda untuk menambah informasi dan juga akan melakukan wawancara sebagai pertimbangan untuk menentukan apakah anda layak mendapatkan Bidikmisi atau tidak.

Setelah beberapa waktu yang lalu anda telah mengikuti seleksi Bidikimisi melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, atau Bidikmisi jalur mandiri PTN / PTS, sebentar lagi anda akan segera melihat pengumumuan kelulusan Bidikmisi 2016/2017. Ketika anda akan melihat pengumuman kelulusan Bidikmisi, anda harus yakin apapun hasil yang akan anda dapatkan nanti adalah yang terbaik untuk anda.

Jika nanti anda dinyatakan lulus Bidikmisi, selamat untuk anda. Gunakanlah biaya bantuan Bidikmisi tersebut dengan tepat sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk menunjang proses pendidikan yang akan anda tempuh pada Perguruan Tinggi.

Bagi anda yang tidak mendapatkan Bidikmisi, tetap semangat dan jangan bersedih. Yakinlah bahwa orang tua anda masih mampu untuk membiayai kuliah anda sampai selesai. Berdoalah agar orang tua anda diberikan kesehatan dan kelancaran rejeki agar bisa terus bekerja. Selain itu, anda juga bisa bekerja sambil kuliah dengan catatan bahwa pekerjaan anda jangan sampai menggangu kuliah anda. Misalnya dengan mengajar Privat atau Bimbel.

Baiklah, langsung saja kita langsung saja membahas cara melihat pengumuman Bidikmisi 2016/2017 untuk masing-masing jalur penerimaan. Perhatikan dengan baik berikut ini.

Pengumuman Bidikmisi jalur SNMPTN 2016/2017


Pengumuman Bidikmisi jalur SNMPTN akan diumumkan setelah pengumuman SNMPTN. Setelah anda dinyatakan lulus seleksi jalur SNMPTN, kemudian panitia Bidikmisi akan melakukan verifikasi Bidikmisi jalur SNMPTN untuk menentukan kelulusan Bidikmisi. Pengumuman kelulusan Bidikmisi ini dapat anda lihat pada website resmi masing-masing Perguruan Tinggi.

Sebagai contoh, misalnya anda mendaftar Bidikmisi jalur SNMPTN dengan memilih Universitas Sriwijaya, maka pengumuman kelulusan Bidikmisi bisa dilihat di website resmi Universitas Sriwijaya. Jika nama anda terdaftar pada pengumuman kelulusan mahasiswa baru Bidikmisi, berarti anda dinyatakan lulus Bidikmisi. Jika tidak ada, berarti tidak lulus Bidikmisi.

Pengumuman Bidikmisi jalur SBMPTN 2016/2017


Seperti pengumuman Bidikmisi jalur SNMPTN, maka pengumuman Bidikmisi jalur SBMPTN juga akan diumumkan setelah pengumuman SBMPTN. Jika anda dinyatakan lulus seleksi jalur SBMPTN, maka panitia Bidikmisi akan melakukan proses seleksi tahap selanjutnya, yaitu jika memungkinkan maka panitia akan melakukan survey dengan datang langsung ke rumah anda.

Setelah melakukan survey, panitia Bidikmisi akan memutuskan dengan mengumumkan apakah anda berhak menerima bidikmisi atau tidak. Pengumuman kelulusan Bidikmisi jalur SBMPTN bisa anda lihat pada website resmi masing-masing Perguruan Tinggi.

Pengumuman Bidikmisi jalur PMDK-PN 2016/2017


Untuk mengetahui pengumuman Bidikmisi jalur PMDK-PN ini, caranya sama seperti keterangan di atas. Jika anda telah dinyatakan lulus jalur PMDK-PN, maka anda memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan Bidikmisi.

Untuk mengetahui apakah anda lulus seleksi Bidikmisi atau tidak, maka anda bisa melihat informasinya pada website resmi Politeknik yang telah menerima anda. Jika nama ada terdaftar pada pengumuman peserta lulus Bidikmisi, berarti anda lulus Bidikmisi.

Pengumuman Bidikmisi Jalur Mandiri PTN 2016/2017


Selain seleksi jalur Nasional, Bidikmisi juga diadakan melalui jalur mandiri PTN. Untuk melihat pengumuman Bidikmisi jalur mandiri PTN, maka anda bisa melihatnya langsung pada alamat website resmi masing-masing PTN. Jika nama anda ada dalam informasi pengumuman peserta lulus Bidikmisi jalur mandiri PTN, berarti anda lulus dan berhak mendapatkan Bidikmisi.

Pengumuman Bidikmisi Jalur Mandiri PTS 2016/2017 


Pengumuman Bidikmisi jalur mandiri PTS dapat anda lihat dengan membuka alamat website resmi PTS tujuan anda. Jika anda menemukan keterangan bahwa anda lulus Bidikmisi, berarti anda dinyatakan lulus Bidikmisi PTS.

Untuk yang dinyatakan lulus Bidikmisi melalui jalur-jalur seleksi di atas, segeralah melakukan pendaftaran ulang Bidikmisi sesuai dengan persyaratan dan jadwal yang telah ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan ini tentang Pengumuman Bidikmisi 2016/2017. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkan.




Salam Persahabatan




Kemenag Ndeso








Untuk lebih mempererat ukhuwwah serta saling berbagi informasi terkait dunia pendidikan, silahkan kunjungi dan gabung grup facebook kami di SINI.

Dan untuk mendapatkan informasi yang terbaru dan terupdate, silahkan like and share halaman facebook kami di SINI



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »