Cara Gratis Akses Jurnal Ilmiah Berbayar


Bismillah

Sahabat Al Falah,


Membaca merupakan kunci untuk membuka pintu  cakrawala ilmu, pengetahuan dan pemahaman tentang hidup dan kehidupan serta menyingkap semua tabir dan misteri yang ada di alam semesta ini sebagaimana postingan kemarin. Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan sebuah informasi yang cukup berharga, yakni bahwa dalam rangka mencerdaskan bangsa Indonesia, Perpustakaan Nasional RI telah menyediakan akses ke beberapa provider jurnal internasional seperti:

1.Alexander Street Press
2.Alexander Street Video
3.Balai Pustaka
4.Bowker
5.Brill Online
6.Cambridge University Press
7.Cengage Learning
8.Ebrary
9.Ebsco Host
10.IGI Global
11.IG Publishing (IG Group mencakup koleksi American Library Association, American Society for   Training & Development, Amsterdam University Press, Business Expert, Columbia University Press, Hawai, ISEAS, Liverpool University Press, Nias Press, Princeton University Press, RIBA Architecture, dan University Of California Press)
12.Indonesia Heritage Digital Library
13.KITLV
14.Lexis Nexis
15.Myilibrary
16.Nexis Direct
17.Proquest
18.Sage Knowledge
19.Taylor & Francis
20.Ulrichs
21.Westlaw

Jurnal yang ada pada provider tersebut kebanyakan berbayar. Namun pada kesempatan kali ini kami akan memberikan satu tip untuk bisa memperoleh informasi yang kita inginkan dari situs tersebut dengan gratis. Cara mengaksesnya sangat mudah, yatu dengan menggunakan nomor keanggotaan Perpustakaan Nasional yang bisa dibuat secara online. Silakan ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1:
Mendaftar dahulu di keanggotaan.pnri.go.id untuk mendapatkan nomor keanggotaan.
Langkah-langkahnya:
1.Buka keanggotaan.pnri.go.id lalu klik di tombol Daftar.
2.Klik Lanjutkan ke Pendaftaran di sebelah kanan atas.
3.Isi form pendaftaran.
4.Catat dan simpan nomor keanggotaan.


Langkah 2: Login
Setelah mendapatkan nomor keanggotaan, bukalah e-resources.pnri.go.id  dan login menggunakan nomor keanggotaan PNRI yang telah didapat. Jika login Anda berhasil, maka penampakannya akan terlihat sebagaimana gambar berikut :


Langkah 3: Mencari Paper
Gunakan kotak search untuk mencari judul atau tema atau penulis paper yang Anda butuhkan. Ikuti link hasil pencarian untuk mendownload file PDF paper tersebut. 


Selamat berburu paper ataupun informasi sebanyak-banyaknya untuk memperkaya pengetahuan kita.

Silakan diinfokan ke sebanyak-banyaknya rekan Anda. Mari manfaatkan secara cerdas layanan publik yang dibiayai dari uang pajak kita juga

Demikian, semoga bermanfaat .....






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »