Beasiswa dari Pemerintah Brunei Darussalam 2016-2017 untuk Jenjang D3, S1, S2 DAN S3








Bismillahirrahmanirrahiim,



Sahabat Al Falah,





Satu lagi informasi menarik kami persembahkan, khususnya bagi Anda yang menungu-nunggu peluang beasiswa; kini saatnya menyiapkan diri Anda untuk mendaftar. Berdasarkan informasi terbaru, Pemerintah Brunei Darussalam (PBD) saat ini kembali menyediakan beasiswa kuliah bagi pelajar internasional untuk tahun akademik 2016 – 2017. Beasiswa yg sedang dibuka tersebut meliputi beasiswa D3, S1, S2, dan S3. Semua beasiswa ini diberikan penuh & dapat digunakan untuk studi di universitas terbaik di Brunei. Progrm Brunei Darussalam Government Scholarships to Foreign Students ini disediakan melalui Kementerian Luar Negeri & Perdagangan Brunei Darussalam. Ada empat universitas terbaik di Brunei yang menjadi tujuan studi, yakni Universitas Brunei Darussalam (UBD), Universitas Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), Institut Teknologi Brunei (ITB), & Politeknik Brunei (PB).

Beasiswa D3 disediakan untuk Diploma Kesehatan di Politeknik Brunei (PB), beasiswa S1 & S2 masing-masing berlangsung empat dan dua tahun yg bisa diambil di UBD, UNNISA, dan ITB. Sedangkan beasiswa S3 diberikan hingga 3 tahun untuk doktor di UNNISA. Meski demikian evaluasi beasiswa dilakukan tiap semester & kandidat harus bisa mencapai batas minimum kredit yang ditetapkan untuk tetap mempertahankan beasiswa.

Adapun fasilitas yang disediakan apabila Anda berhasil memperoleh beasiswa dari Pemerintah Brunei adalah Kandidat terpilih akan bebas dari semua biaya kuliah selama studi, tiket pesawat PP ke Brunei Darussalam, tunjangan bulanan sebesar BND 500 atau sekitar Rp 4.991.837, tunjangan buku per tahun sebesar BND 600 atau sekitar Rp 5.990.205, tunjangan makanan setiap bulan BND 150, setelah selesai kuliah juga akan diberikan tunjangan bagasi maksimum BND 250 atau sekitar Rp 2.495.918 untuk negara ASEAN. Disamping itu juga disediakan akomodasi tempat tinggal, perawatan kesehatan atau gigi di rumah sakit pemerintah.

Sedangkan pilihan Program Studi yang tersedia diantaranya adalah seni, sains, bisnis, teknik, ekonomi, bahasa Inggris, Arab, sejarah, geografi, ilmu lingkungan, manajemen, sosiologi, ilmu komputer, matematika, biologi, kimia, keperawatan, kebidanan, kesehatan masyarakat, ilmu biomedis, pendidikan, sosiologi, ilmu-ilmu keislaman, & masih banyak lagi.


Persyaratan Mengajukan Beasiswa:


  1. Warga negara ASEAN, OIC, & negara anggota Commonwealth serta yang lainnya yang memenuhi syarat.
  2. Berusia 18 – 25 tahun untuk program sarjana & tidak lebih dari 35 tahun untuk program Pascasarjana pada 31 Juli 2016
  3. Beasiswa tidak berlaku bagi penduduk tetap Brunei atau warga asing yang menetap di Brunei.


*) Persyaratan lebih teknis terutama menyangkut program yang akan diambil, bisa dilihat pada “Entry Qualification”. Penjelasan lebih lanjut ada di bawah.

Dokumen aplikasi:
1. Formulir aplikasi (dibuat 3 rangkap)
2. Tiga (3) lembar pasfoto terbaru ukuran paspor
3. Copy ijazah & transkrip akademik dilegalisir (3 rangkap)
4. Statement of Purpose (3 rangkap) – lihat di formulir
5. Salinan akte kelahiran & paspor legalisir (3 rangkap)
6. Salinan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) (3 rangkap)
7. Terjemahan resmi ke dalam bahasa Inggris masing-masing dokumen aplikasi yang berbahasa Indonesia.

*)Terjemah resmi dokumen ke dalam bahasa Inggris bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah atau terjemah langsung dari pihak kampus & distempel.

Pendaftaran:

Lengkapi formulir aplikasi (unduh) dengan dokumen aplikasi lainnya. Buat tiga rangkap seperti disebut di atas. Formulir aplikasi dapat diketik atau ditulis tangan (asalkan rapi) menggunakan tinta hitam atau biru dengan memakai kertas ukuran A4 dalam bahasa Inggris. Di laman unduh, Anda juga bisa lihat “Entry Qualification”.

Selanjutnya form aplikasi & dokumen lengkap dikirim ke alamat Kedutaan Besar Brunei Darussalam di Jakarta atau bisa langsung ke Kementerian Luar Negeri Brunei melalui Technical Assistance Division.

Pengajuan Aplikasi:

Kedutaan Besar Brunei Darussalam : Jalan Teuku Umar No.51, Menteng,  Jakarta 10210. Telp: (021) 31906080

Atau:

Technical Assistance Division, Ministry of Foreign Affairs and Trade, Jalan Subok, Bandar Seri Begawan, BD2710, Brunei Darussalam. Fax No: (673) 2230903.  Email: scholarship@mfa.gov.bn
*)Bagi pelamar yang ingin studi di UBD, selain mengirim aplikasi di atas, juga harus lengkapi aplikasi online melalui: https://apply.ubd.edu.bn/orbeon/uis-welcome/

TIPS AGAR LOLOS: Sebaiknya dokumen aplikasi beasiswa diantar langsung ke alamat Kedutaan Besar Brunei Darussalam di Jakarta. Setelah itu siapkan soft copy-nya & kirimkan melalui email Technical Assistance Division di atas. Ini juga unt pastikan bahwa semua dokumen yang diajukan sudah lengkap. Selain itu, formulir aplikasi telah diisi juga harus dapat pngesahan (endorsement), biasanya melalui bagian yang mengurusi beasiswa di Kementerian Pendidikan atau Kement Luar Negeri.


Aplikasi sudah harus diterima paling lambat 9 Jan 2016. Pemberitahuan pemenang biasanya melalui email atau dihubungi oleh pihak kedutaan.

*Sumber FP Hipsi Pusat




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »