Bantahan Mendikbud : Kurikulum 2013 Tidak Akan Diganti dengan Kurikulum Nasional


Bantahan Mendikbud tentang Kurikulum 2013 akan Diganti Dengan Kurikulum Nasional




Bismillahirrahmanirrahiim,




Sahabat Al Falah,


Setelah kemarin dunia pendidikan di tanah air dihebohkan dengan pemberitaan manipulatif tentang akan diberlakukannya kembali Kurikulum 2006, ternyata kehebohan yang sama juga terulang kembali; yakni pemberitaan dari pihak-pihak yang hanya mencari sensasi yang memberitakan bahwa Kurikulum 2013 akan diganti dengan Kurikulum Nasional.  

Ternyata pemberitaan tersebut pada akhirnya terbukti tidak benar dan kembali dibantah oleh Mendikbud Anies Baswedan..

Berikut ini merupakan salinan sesuai dengan aslinya yang kami kutip dari sumber web resmi Kemendikbud :


Mendikbud: Evaluasi Kurikulum 2013 Sudah Tuntas  
30 Desember 2015  

Jakarta, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, selama setahun terakhir ini Kemendikbud terus melakukan evaluasi Kurikulum 2013. Akhir tahun ini, evaluasi Kurikulum 2013 tersebut telah selesai dilaksanakan dan akan segera diinformasikan kepada masyarakat.

“Evaluasi kurikulum alhamdulillah sudah tuntas. Road map atau peta jalan (Kurikulum 2013) juga sudah siap. Akan segera kami publikasikan,” ujar Mendikbud saat konferensi pers akhir tahun 2015 di Graha Utama Kemendikbud, Jakarta, (30/12/2015).

Ia mengatakan, setidaknya ada dua aspek yang dievaluasi dalam Kurikulum 2013, yaitu desain Kurikulum 2013 dan dokumen Kurikulum 2013. Implementasi Kurikulum 2013 saat ini masih dilakukan secara bertahap sambil menunggu hasil evaluasi Kurikulum 2013.

Mendikbud juga membantah kabar yang beredar mengenai penggantian nama Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Nasional. Kurikulum nasional, katanya, bukanlah nama baru dari Kurikulum 2013, melainkan bermakna bahwa kurikulum tersebut berlaku secara nasional. “Tidak ada Permendikbud yang menyebut tentang Kurikulum Nasional,” tegasnya.

Menteri Anies menuturkan, implementasi Kurikulum 2013 akan tetap dilanjutkan sesuai dengan hasil evaluasi yang telah dirampungkan Kemendikbud. “Kita ingin proses perbaikan kurikulum tidak dipandang sebagai satu-satunya cara meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Ini hanya salah satu caranya,” ujarnya.



Seiring dengan era globalisasi yang demikian cepat dalam memperoleh akses informasi dari berbagai sumber yang ada, maka semakin banyak pula informasi yang beredar. Sebagai insan pendidikan, tentunya harus benar-benar selektif dalam memilah dan memilih informasi sehingga tidak mudah tertipu oleh pihak-pihak yang hanya mencari keuntungan pribadi demi traffict kunjungan yang tinggi dengan cara-cara yang tidak semestinya.

Pada akhirnya kami berkeyakinan bahwa sebagai pembaca yang cerdas, tentunya Anda tidak akan mau lagi dibohongi dan akan memilih website ataupun blog yang memberikan informasi berdasarkan sumber yang dapat dipertanggung-jawabkan.


Demikian informasi terbaru yang bisa kami bagikan kepada Anda tentang Bantahan Mendikbud bahwa Kurikulum 2013 Tidak Akan Diganti dengan Kurikulum Nasional

Semoga bisa memberikan pencerahan dan bermanfaat.




Salam Persahabatan




Kemenag Ndeso








Untuk lebih mempererat ukhuwwah serta saling berbagi informasi terkait dunia pendidikan, silahkan kunjungi dan gabung grup facebook kami di SINI.

Dan untuk mendapatkan informasi yang terbaru dan terupdate, silahkan like and share halaman facebook kami di SINI













Share this

Related Posts

Previous
Next Post »