Tutorial untuk Registrasi serta Login ke sdm.data.kemdikbud.go.id, Login ke VERVAL-SP dan VERVAL-PD Kemdikbud





Bismillahirrahmanirrahiim,



Sahabat Al Falah,


Terkait dengan postingan kami tentang Cara Terbaru  Verifikasi dan Validasi NPSN Madrasah Melalui SIMPATIKA Kemenag 2015, ada sebagian operator RA atau madrasah yang belum melakukan registrasi / pendaftaran ke akun sdm.data.kemdikbud.go.id. Padahal NPSN yang akan diverifikasi dan divalidasi bersumber dari Data Referensi yang ada di sana. Di samping itu, untuk bisa melakukan update profil lembaga, mencetak Sertifikat NPSN Madrasah yang terbaru, terlebih operator madrasah harus mengirimkan scan akte pendirian madrasah. Dan untuk bisa melakukan hal tersebut Operator Madrasah harus terdaftar di sdm.data.kemdikbud.go.id.


Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka berikut ini kami sajikan tutorial singkat yang disertai dengan gambar tentang Langkah-langkah untuk melakukan pendaftaran atau registrasi bagi Operator Baru ke laman sdm.data.kemdikbud.go.id agar bisa masuk dan melakukan Update Data Verval-SP ,Verval-PD, dan Data Referensi.


LANGKAH-LANGKAHNYA SEBAGAI BERIKUT :

1. Silahkan Kunjungi alamat sdm.data.kemdikbud di Sini.....!!! dan lakukan Proses Registrasi Operator Baru sesuai petunjuk pada tampilan gambar di bawah ini



2. Setelah Meng-Klik "Registrasi Anggota - Operator Sekolah" selanjutnya halaman Pengisian Biodata Operator akan muncul, dan isikan Biodata sesuai permintaan pada Kolom Data sampai tahapan proses registrasi selesai, seperti gambar dibawah ini.





3. Jika Semua Tahapan Proses Registrasi sudah selesai, langkah selanjutnya adalah, melakukan pengecekan, apakah akun kita sudah AKTIF atau Belum AKTIK, dengan cara mengKLIK menu "Status Pendaftaran", selajutkan isikan email yang di daftar tadi pada Kolom pengisian email, seperti gambar di bawah ini




CATATAN : Pengaktifan Akun pada proses registrasi ini tergantung persetujuan Admin Pusat, biasanya tenggang waktu penerimaan 2 x 24 Jam namun bisa juga 1 x 24 jam.

Dan Untuk Operator yang akunnya sudah AKTIF, namun lupa Password, silahkan kirim permintaan RESET PASSWORD ke EMAIL : registrasisdm@gmail.com dengan Judul Permintaan :
" TIDAK BISA LOGIN/MASUK VERVAL (PD/SP) "
DAN KIRIMKAN SCAN SK OPERATOR
dan tunggu sampai Email ada balasannya.


DAN LANGKAH LOGIN KE VERVAL SP/VERVAL PD
Langkah-langkah sebagai berikut :
1. Untuk Login ke Admin Operator Madrasah, silahkan Klik DISINI...!!!!, dan ikuti petunjuk seperti gambar dibawah



2. Lanjut dengan mengisikan Username : Email dan Password yang di daftarkan saat registrasi, selanjutnya klik tombol LOGIN


3. Setelah berhasil LOGIN, silahkan klik Menu " Akun (alamat email) pada Pojok Kanan Atas, dan         klik profil untuk bisa masuk ke profil operator dan profil lembaga seperti gambar dibawah ini :



4. Dan akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, dan Ikuti Petunjuk pada gambar untuk






Dan Untuk Login ke VERVAL-PD alamatnya ada pada Link halaman Login sdm.data atau klik DISINI..!!!, seperti gambar dibawah ini. Karna tampilan login sama antara VervalPD, VervalSP,SDM.Data,dan Referensi.





DAN UNTUK MEMPERMUDAH LOGIN KE MASING-MASING PENDATAAN,
BERIKUT DISIAPKAN ALAMAT LOGINNYA;

1. Alamat Registrasi Operator Baru Klik DISINI..!!!!!
2. Alamat Cek Akun Operator Klik DISINI..!!!!
3. Alamat Login ke SDM.DATA.KEMDIKBUD Klik DISINI...!!!!
4. Alamat Login ke VERVALPD Klik DISINI...!!!!!
5. Alamat Login ke VERVALSP Klik DISINI....!!!
6. Alamat Login ke REFRENSI LEMBAGA Klik DISINI...!!!!

untuk masuk ke alamat referensi masing-masing silahkan ganti NPSN pada akhir alamat yang
bertanda kuning di bawah ini :

http://referensi.data.kemdikbud.go.id/tabs.php?npsn=60712204


DAN UNTUK TAMPILAN MASING-MASING ALAMAT, SEPERTI GAMBAR DIBAWAH INI

1. Tampilan BERANDA OPERATOR SDM.DATA.KEMDIKBUD.GO.ID



2. Tampilan Beranda VERVAL SP



3. Tampilan Beranda VERVAL-PD


4. Tampilan Beranda REFERENSI DATA





Demikian Tutorial untuk Registrasi serta Login ke sdm.data.kemdikbud.go.id, Login ke VERVAL-SP dan VERVAL-PD Kemdikbud. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.




Salam Persahabatan










Untuk lebih mempererat ukhuwwah serta saling berbagi informasi terkait dunia pendidikan, silahkan kunjungi dan gabung grup facebook kami di SINI.

Dan untuk mendapatkan informasi yang terbaru dan terupdate, silahkan like and share halaman facebook kami di SINI


























Share this

Related Posts

Previous
Next Post »