Informasi Terbaru : Proses Registrasi dan Jadwal Pelaksanaan UKG Kemenag








Bismillahirrahmanirrahiim,



Sahabat Al Falah,



Terlebih dahulu perkenankan admin mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional untuk rekan-rekan dan sahabat guru / pendidik di manapun Anda berada. Dan pada hari yang spesial ini, untuk rekan Guru Madrasah khususnya, jangan kaget ketika Anda membuka akun SIMPATIKA. Karena baru-baru ini ada penambahan fitur terkait dengan Uji Kompetensi Guru. Fitur baru inilah yang akan menjawab pertanyaan sampean-sampean seputar status kepesertaan Anda dalam UKG Kemenag Tahun 2015/2016, proses registrasi calon peserta UKG, Jadwal Pelaksanaan UKG, Lokasi UKG dan lain sebagainya.

Untuk Anda yang sudah memiliki NRG dan sudah terverifikasi pada tahun pelajaran 2014/2015 kemarin, maka ketika Anda masuk ke akun PTK Anda di SIMPATIKA secara otomatis Anda telah terdaftar sebagai calon peserta UKG sebagaimana gambar di bawah ini :



dan ketika klik detail UKG, berikut penampakannya :




Sedangkan bagi Anda yang NRG-nya belum terverifikasi (khususnya NRG yang diawali digit 00 / sertifikasi tahun 2007, 2008 dan 2009), maka berikut ini penampilan ketika Anda masuk ke akun PTK Anda di SIMPATIKA :


Pada gambar tersebut di atas, maka Anda terlebih dahulu harus mengisi pada pilihan Pendidik (guru) pemilik sertifikasi, kemudian mengisi Tahun sertifikasi serta mapel Sertifikasi sesuai dengan Sertifikat Pendidik Anda. Jika sudah Anda lengkapi lalu klik simpan.

Namun apabila Anda terlanjur (langsung) menutup / klik tanda silang di pojok kanan atas, maka untuk bisa melakukan registrasi, Anda harus masuk ke menu Info UKG yang ada di sebelah kiri bawah sebagaimana gambar ini dan selanjutnya klik EDIT DATA





Khusus untuk Anda yang belum sertifikasi, maka berikut ini penampilan ketika Anda masuk ke akun PTK Anda di SIMPATIKA :



Anda tentu harus berada pada pilihan Pendidik (guru) belum sertifikasi. Selanjutnya klik pada MaPel UKG lalu silahkan Anda memilih salah satu option yang ada sesuai dengan basic mengajar Anda dan 
keahlian. Setelah itu klik Simpan.

INGAT, pilihan Anda nanti akan menentukan materi ujian serta Jadwal ataupun Lokasi UKG yang akan Anda ikuti !!!




Namun apabila Anda terlanjur (langsung) menutup / klik tanda silang di pojok kanan atas, maka untuk bisa melakukan registrasi, Anda harus masuk ke menu Info UKG yang ada di sebelah kiri bawah sebagaimana gambar ini dan selanjutnya klik EDIT DATA



Apakah Anda berhak untuk tidak mendaftar / tidak mengikuti UKG ???
Wallahu a'lam ..... Namun kalau Anda cermati sekali lagi, UKG ini wajib diikuti oleh semua guru madrasah sebagaimana yang telah kami posting sebelumnya di bawah ini :



CATATAN PENTING :
Bagi Anda yang belum aktif atau belum mencetak Kartu NUPTK Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016 ini, Segera Update dan AKTIFKAN !!!


Satu hal lagi, karena kebetulan admin memiliki akun salah satu pengawas dan password untuk masuk, iseng-iseng mencoba login, ternyata semua yang telah disebutkan di atas tidak berlaku bagi pengawas. Tidak ada pula menu Info UKG seperti disebutkan di atas. Yup, mungkin dikarenakan merekalah yang akan mengawasi Anda untuk mengikuti UKG. hehe...


Demikian informasi terbaru tentang Proses Registrasi dan Jadwal Pelaksanaan UKG Kemenag. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.



Salam Persahabatan






Untuk lebih mempererat ukhuwwah serta saling berbagi informasi terkait dunia pendidikan, silahkan kunjungi dan gabung grup facebook kami di SINI.

Dan untuk mendapatkan informasi yang terbaru dan terupdate, silahkan like and share halaman facebook kami di SINI


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »